Home » My Creation » Skrebel Word Generator, untuk Bantu Kamu Main Scrabble

Skrebel Word Generator, untuk Bantu Kamu Main Scrabble

Semua bermula saat saya ikut sebuah kuis online, dimana setiap peserta mengumpulkan huruf-huruf yang dibagikan moderator dan menyusun kata terpanjang dalam bahasa Indonesia, dengan syarat harus ada dalam KBBI.

Saya mendapat 20-an huruf yang membuat saya cukup pusing, bagaimana untuk membuat kata sepanjang mungkin dari huruf-huruf ini. Saya mencoba memanfaatkan fitur ‘Memuat’ pada KBBI online dimana output kata akan memuat input kata, misal input ‘das’ akan mengasilkan ‘akomodasi’, ‘cadas’, dll..

Tapi tetap saja saya harus nguli untuk dapat kata terpanjang.

Tiba-tiba terbesit sebuah ide. Sebagai seorang programmer, tentu terpikir untuk menyerahkan tugas nguli pada komputer.

Awalnya saya mencoba mencari di Google, mungkin sudah ada program ‘word generator’ yang dibuat orang. Dan ternyata ada banyak. Namun sayang, semua hanya menghasilkan kata dalam bahasa Inggris.

Akhirnya karena tidak bisa menemukan yang sudah ada, saya inisiatif membuat program sendiri. Singkat cerita jadilah ‘Skrebel Word Generator’.

Image

Dalam menggunakannya, kita hanya perlu input huruf-huruf yang ada, dan.. tada! Keluar kata-kata yang sesuai. Karena sudah jadi yang bahasa Indonesia (KBBI), sekalian saya buat juga yang bahasa Inggris (OSWI).

Bagi yang ingin mengunduh, bisa diunduh di sini, gratis kok toh buatnya ga sulit. Kalau sudah mencoba dan ingin memberi masukan sangat dipersilahkan.

Oiya, untuk lucu-lucuan saja, coba masukkan nama lengkap seseorang, checklist ‘Only show words with maximum length‘, dan tekan enter, hasil yang keluar mungkin merepresentasikan orang tersebut hehe. Contoh:

Image

Andik sekarang sedang jadi anak emas nya timnas Indonesia kan? 😀

Hasil kuis onlinenya? Tentu saja saya menang hehehe

8 thoughts on “Skrebel Word Generator, untuk Bantu Kamu Main Scrabble

  1. Wah, mungkin ini termasuk anagram engine Indonesia yang pertama. Bravo!
    Btw ini nyontek dari about:
    Algo is my nickname = Neck is my main goal (anagram) 🙂

    • Bravo~ tapi sebenernya ini belum bisa untuk anagram kalimat sih 🙂 perlu pengembangan lagi supaya bisa generate “I am Lord Voldemort” dari “Tom Marvolo Riddle”
      Wuaah saya dibikinin anagram! .. Neck(?) is my main goal! 😀

  2. Neck 1). buat fun saja (orang yang suka leher) 🙂

    2). atau versi yang lebih dalam, berhubungan dengan tagline blog ini. Ada ungkapan, ‘Kalau nyawa sudah di ujung leher..’. Dan karena kita bisanya upaya sebatas yang fana, berarti ikhtiar maksimal ya cuma bisa sampai ‘sebatas leher’ (lebih dari itu cuma bisa pasrah). Jadi ‘neck’ di sini sebagai ambang menuju ‘[the] Next’ (kehidupan nanti).

    Jelas, baik 1) atau 2), dua-duanya maksa. Tapi ya begitulah, kalau urusan anagram, saya suka maksa. 😀

    • Jarang buka blog nih, jadi baru bales sekarang 😛

      Bagaimanapun, keren loh mas(/mbak?) nya bisa bikin anagram kayak gitu, saya kasih jempol (y)

      Saya juga pake tools ini jadi kepikiran buat anagram dari nama lengkap tiap orang di kantor, dan sukses membuat mereka heboh loh hhe

  3. mas, saya mau download tapi kok 404 ya? Tolong idupin lagi dong… oh ya, kalau bisa jangan pakai bit.ly, entah kenapa diblok sama speedy.

    Thanks

    • Oiya? Mungkin karna space race dropbox saya udah expired ya.. Saya kirim ke email aja klo ga, boleh japri atau langsung komen di sini emailnya 🙂

Leave a comment